Search

Assalamu 'alaikum Wr. Wb

Play MP3 Asmaul Husna, Menenangkan :)

Luar Biasa ! Kelas WCWH #1 Berbagi Kisah, Lewat Aksara Menjaring Pahala

 

Ilustrasi dari dreamstime.com


19.25 wib, artinya 5 menit lagi kelas menulis "opini" perdana akan dimulai. Peserta sudah sangat antusias dan heboh saling tegur sapa semenjak daritadi siang.

Akupun sama tak mau kalah, semangat menggebu mendapatkan ilmu baru. Bismillah

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh"
Salam hangat dari cik gu menyapa semuanya, dan sudah lebih dulu setelan grup diganti menjadi hanya admin saja yang bisa mengirim pesan. 

Artinya kelas sudah akan dimulai.

Sedari tadi, akupun sudah menyiapkan raga untuk mengikuti kelas dari awal sampai akhir, nyambi si sulung yang masih aktif dengan segala drama yang dibuatnya, dan si dedek yang merengek minta ditidurin.

Gawaiku masih menyala terang walau sesekali kuletakkan karena melayani dua insan yang masih butuh perhatianku sampai menghantarkan ke tidur yang lelap ketika itu.

"Untuk efisiensi waktu, kita langsung saja ke materi perdana ya. Silakan fokus menyimak 👇"

Jam pas menunjukkan di angka 19.30 wib saat itu.
Setelah berdoa terlebih dahulu, materi langsung dijelaskan oleh cik gu. 

Malam ini tema/judul materi kita yakni Pertemuan 1: "Menjaring Jariyah lewat Aksara"

Menjaring jariyah lewat aksara versi kelas kita adalah meraih amal saleh (yang tidak terputus pahalanya meski kita nanti sudah meninggal dunia) lewat tulisan kita.

Jadi, sebaiknya menulis untuk bisa mendatangkan amal jariyah untuk kita, karena pahalanya selalu ngalir walaupun kita sudah tiada. MasyaAllah baru materi pembuka aja aku sudah klepek klepek mak,gaes.

Materi kembali berlanjut dengan penjelasan dan maksud dari judul itu, dikemas dengan kalimat yang gurih dan renyah oleh cik gu. 

Setidaknya nalarku mudah ambil pelajaran dari setiap untaian kata yang dituliskan sang master. Barakallah semoga ilmunya berkah dan mampu menular. Aamiin...

Dari materi pembuka kita semua bisa simpulkan, mulai dari sekarang kalau update status yang isinya cuma 'nyampah', sebaiknya jangan ditulis. Tulisan nyampah itu maksudnya tulisan yang nggak menginspirasi pembaca untuk berbuat kebaikan. 

Sebab, jangan sampai postingan nggak mutu kita itu malah jadi jalan mengantarkan kita menuju neraka. Astaghfirullah, Naudzubillahi min dzalik. Oke, bye bye status yang gak bobot. (ceritanya mulai MoveOn nih, mak,gaes)

Cik gu kembali memberikan memotivasi membangkitkan ghiroh, semangat untuk menguatkan niat semata karena Allah. Tak lupa bonus tulisan petuah yang membuat aku tahan nafas, lumayan lama. 

"Jika kau bukan anak raja, juga bukan anak ulama besar, maka menulislah!"

(Imam Al-Ghazali)

"Semua penulis akan meninggal, hanya karyanyalah yang akan abadi sepanjang masa. Maka tulislah yang akan membahagiakan dirimu di akhirat nanti.”

(Ali bin Abi Thalib)

Allahu, jujur aku sangat tercekat kala itu. Mataku sedikit mengembun. Banyak sekali lalaiku ya Rabb, ampuni... 

Setelah panjang kali lebar cik gu jelaskan materi, pembahasan judul, kontroversi dunia kepenulisan dan alasan-alasan halangan rintangan yang biasa penulis temui. 

Semua dibahas secara lugas dan mudah dimengerti. Materi selesai. Waktu 10 menit untuk mencerna setiap materi yang disampaikan. Hingga sudah mulai masuk sesi diskusi. 

Sesekali aku tepuk-tepuk si dedek, sesekali aku cek grup, si sulung juga tak mau kalah merengek minta makan lengkap dengan keinginannya yang polos menggemaskan itu 'nda, ayo makan lauk ayam, makan cop ayam kita', maksudnya si dia mau makan soup ayam, lengkap dengan ekspresi memelasnya itu.

Suamiku langsung ketawa, mana ada lauk soup ayam wong bundanya tadi siang masak pindang ikan. Drama dilanjut kembali, meminta belas kasih. 

Bersyukur si dedek sudah bobok cantik, jadi aku bisa fokus ke si sulung dulu, merayu supaya walaupun tak ada lauk soup ayam, lauk kuah pindang ikanpun jadi. 

Asal nasinya berkuah banyak, yang penting bisa 'ngirup kuah' itu kata dia sudah lauk soup. Alhamdulillah walaupun kuah ikannya dikasih sedikit cabe dia gak protes. Selamat dari amukan masa kita mak,gaes.

Setelah drama makan, aku kembali mengecek layar terang yang masih ku On kan di grup whatsappku. Sudah lumayan banyak pesan yang belum kubaca, seketika jempolku asik scroll sampai batas atas terakhir yang kubaca. 

Drama malam hari dengan si sulung hampir berakhir karena sesudah makan, cuci tangan dan pipis ke kamar mandi, dia langsung minta 'dodot' isyarat kantuknya sudah mulai melanda.

Alhamdulillah... sempat baca doa sebelum tidur, akhirnya bukan dia saja yang terlelap cantik, akupun menyusul. Padahal kelas menulisku belum usai mak,gaes. Deuh gustii...

Jam 22.15 aku terbangun, melihat notif di grup yang sudah mencapai angka ratusan belum terbaca. Ingin segera kubuka, tapi kuurungkan karena ingat belum sempat shalat isya dan shalat sunnah malam. 

Selesai mengadu asa ke illahi Rabbi. Kembali kubuka sekian chatting yang masuk ke layar petakku. Jempolku kembali memainkan perannya, scrolling, manjat ke batas akhir pesan yang sudah terbaca. Ada sekitar 30 menit aku bacanya mak,gaes. 

Maklum chatt yang masuk sudah ratusan euy. 

Sesi diskusi, sesi tanya jawab, sesi curcol tukar pendapat, banyaknya. Beruntung, nyali sabarku menang baca sekian chatting teman-teman sampai selesai. 

Eh ada bonus PR ya, langsung disuruh buat tulisan, action! Bahkan sudah ada beberapa yang setor tadi malam itu juga. Wahhh tergerceplah mak,gaes. Keren keren keren...

Banyak sekali ilmu yang didapat, padahal kita baru pertemuan pertama, masih ada 3 pertemuan lagi, deuh sudah gak sabar kita yak... 

Tunggu keseruan cerita selanjutnya ya mak,gaes. Kita buat sarapan dulu... salam hangat, semangat pagi, semangat tebar kebaikan. Wassalam...

“Menulis merupakan aktivitas menjaring jariyah lewat aksara. Maka menulislah!”

#WCWHBatch17
#WritingClassWithHas

(Alai, 09 Juni 2020. Kembali menghitung waktu mundur untuk ikut kelas menulis perdana "Story Telling". Malam ini)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Silahkan Isi Buku Tamu ya

Silahkan Kepada Para Sahabat untuk meninggalkan Komentar yang bermanfaat, berupa saran/masukan/kritikan yang membangun agar Blog saya semaki...

Silahkan Isi Buku Tamu Dulu Ya, :) Klik Disini

Untuk Menutup Buku tamu Ini?
Klik di [tutup]